Bagi anda pemilik sebuah bisnis atau usaha, melakukan riset market sangatlah penting sebagai salah satu landasan dalam melakukan pemasaran dengan tepat dan mengalahkan pesaing. Untuk itu, maka diperlukan pemahaman terlebih dahulu sebelum melakukan riset yang baik dan benar.
Apa Itu Riset Market?
Riset market adalah sebuah proses menganalisis kelayakan pemasaran dari suatu produk barang maupun jasa. Riset tersebut dilakukan secara sistematis untuk menemukan rumusan masalah, tujuan, pengolahan data, evaluasi , target pasar, konsumen, pesaing bisnis dan masih banyak lagi.
Dengan adanya riset pasar perusahaan terbantu dalam mendapatkan informasi yang akurat lalu digunakan sebagai bahan pertimbangan guna menyusun strategi untuk mencapai tujuan bisnis. Riset pasar sangatlah penting untuk perusahaan sebagai rambu-rambu dalam menjalankan bisnis, selain itu riset dinilai sangat efektif untuk mengembangkan bisnis sehingga dapat bersaing di segmen pasar yang tepat.
Fungsi Riset Sebelum Memulai Bisnis
Jika Anda pelaku usaha atau pemegang posisi top level di perusahaan, jangan mengabaikan riset market. Berikut pemaparan fungsi utamanya:
1. Mengenali Karakteristik Target Pasar
Dengan mengetahui karakteristik dari target pasar secara terperinci, maka perusahaan dimudahkan dalam memberikan pelayanan secara maksimal, selain itu perusahaan juga bisa menentukan lokasi bisnis yang tepat sehingga mudah dijangkau target pasar.
2. Melihat Strategi yang Dimiliki Kompetitor
Fungsi kedua yaitu terbantu dalam menganalisis strategi pasar yang dimiliki kompetitor dalam menjalankan bisnis serta usaha menjual produk barang atau jasa. Dengan begitu, selaku pelaku usaha pada bidang yang sama, anda bisa menggunakan strategi yang lebih efektif dan efisien, sehingga bisa memaksimalkan potensi serta kesempatan yang ada dalam bisnis tersebut.
3. Mendapatkan Informasi Akurat Mengenai Kebutuhan dan Permintaan Pasar
Menggunakan riset pada pasar memudahkan anda dalam menyediakan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, selain itu anda juga bisa mengetahui data kebutuhan permintaan pasar akan produk atau jasa sehingga menjadi peluang menambah keuntungan maupun mengantisipasi kerugian.
4. Menemukan Peluang
Dengan melakukan riset, anda bisa dengan mudah membaca dan menemukan berbagai peluang bisnis yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis anda lebih luas lagi tidak hanya terbatas di dalam negeri.
5. Mengatasi Berbagai Kendala maupun Risiko
Dalam menjalankan bisnis, kendala maupun risiko pasti ada mulai dari yang teringan mapun yang terberat. Dengan menggunakan riset anda bisa menganalisis terkait 2 hal tersebut, sehingga bisa merancang ide-ide solusi yang bisa dilakukan ke depan untuk mengatasi permasalahan.
Terutama jika Anda pebisnis pemula, ada baiknya untuk menerapkan riset market secara baik dan benar karena sudah dipastikan akan memberikan dampak positif bagi jalannya usaha Anda, khususnya dalam mengoptimalkan kegiatan pemasaran dan berdampak pada cashflow usaha yang terjaga.