Pengetahuan tentang digital marketing yang baik akan membawa bisnis anda menjadi lebih baik. Dengan marketing yang bisa tepat sasaran dan sesuai target pasar yang ada capaian bisnis anda akan lebih menjanjikan. Pemanfaatan digital marketing untuk UMKM Indonesia akan mendongkrak omset bisnis bila dibandingkan pemasaran hanya melalui cara konvensional seperti biasanya.
Manfaat internet bagi penghidupan manusia semakin dimaksimalkan di berbagai bidang. Berbagai inovasi mulai dikembangkan agar bisa memberikan manfaat bagi kehidupan manusia masa kini maupun masa yang akan datang. Data yang telah dirangkum oleh Kominfo menyatakan bahwa telah ada lebih dari 202,6 juta orang pengguna aktif internet di Indonesia. Hal ini membawa negara kita berada di urutan 8 besar dunia.
Dengan adanya internet perencanaan marketing di bidang ekonomi telah mengalami perkembangan pesat. Hal tersebut berpengaruh pada sektor ekonomi Indonesia terutama bagi usaha UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang juga berkontribusi aktif terhadap pendapatan Indonesia. Segala bentuk inovasi dan evaluasi terhadap usaha UMKM agar tetap eksis salah satunya adalah dengan memanfaatkan digital marketing untuk mencapai target bisnisnya.
Pentingnya Digital Marketing untuk UMKM
Penerapan digital marketing menjadi perlu ketika melihat peluang semakin meningkatnya perkembangan teknologi dan diimbangi dengan pengguna internet yang semakin meningkat pula. Riset juga telah menyatakan bahwa setengah dari penduduk Indonesia sudah menjadi pengguna aktif internet. Peningkatan pengguna internet diiringi dengan pengembangan infrastruktur dan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan gadget serta tuntutan zaman yang serba modern sehingga memodernisasikan perilaku masyarakat.
Semakin meningkatnya pesaing sektor UMKM pelaku usaha dituntut untuk mampu mengimbangi bahkan bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Hal tersebut menjadikan tiap pelaku usaha melakukan inovasi dan evaluasi di berbagai bidang untuk memenangkan persaingan tersebut. Salah satunya dalam strategi pemasaran dimana nantinya akan digunakan untuk meningkatkan target penjualan dan memperluas pasar.
Kelebihan Pemasaran Secara Digital
Dengan digital marketing khususnya untuk UMKM, segala bentuk transaksi komunikasi serta publikasi yang diperlukan dapat diakses dan diunggah di internet dan meningkatkan kemudahan pelanggan dan pengusaha tersebut. Tujuan pemasaran dapat dicapai dengan lebih mudah dan memperluas jangkauan pasar melalui media elektronik melalui proses digital marketing.
Ketika bisnis UMKM mudah dijangkau oleh pelanggan maka akan memperbesar peluang tercapainya tujuan pemasaran dan tujuan dari bisnis dapat tercapai dan memberikan hasil yang lebih memuaskan.
Digital marketing untuk UMKM perlu dikembangkan karena dapat menjadi terobosan baru melihat urgensi dari kebutuhan pelanggan dan keinginan untuk pelayanan yang serba cepat dan memuaskan. Terdapat beberapa keunggulan dari digital marketing ketika diterapkan dalam strategi bisnis anda seperti target dapat diatur sesuai demografi, hasil terlihat cepat, lebih terjangkau, memiliki jangkauan yang luas, dapat diakses dimanapun dan kapanpun, dan banyak keuntungan lainnya.
Disamping keunggulan tersebut namun terdapat kelemahan dari digital marketing yang perlu diperhatikan seperti potensi ditiru oleh pesaing, mudah terjadi penyalahgunaan, mudah tersebar jika terdapat respon negatif dan hal lainnya. Karena itu untuk memulainya tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan digital agency berpengalaman.