Biometrika Teknologi

digital marketing strategy

Kelebihan Menerapkan Digital Marketing Strategy untuk Perusahaan

Dalam kompetisi bisnis, tentu saja persaingannya berlangsung dengan sangat ketat. Saat ini digital marketing strategy sangatlah diperlukan untuk memenangkan persaingan tersebut. Dengan strategi yang baik, tentu saja kemajuan dan perkembangan bisnis tetap akan didapatkan meski dalam persaingan yang sangat ketat. Lalu apa kelebihan dari penerapan strategi digital marketing bagi perusahaan?

Kelebihan Penerapan Strategi Digital Marketing

Digital marketing adalah salah satu tren baru yang wajib Anda terapkan guna memajukan dan mengembangkan bisnis di perusahaan. Dengan menerapkan strategi digital marketing, tentu saja persaingan yang ketat dapat dihadapi dengan baik oleh perusahaan. Secara umum, strategi digital marketing ialah strategi tingkat tinggi yang berupa promosi atau periklanan melalui search engine, website, media sosial, email, maupun aplikasi.

Saat menerapkan digital marketing strategy, tentu saja Anda akan mendapat banyak kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional yang biasa dilakukan. Apa sajakah kelebihan tersebut?

1. Hemat Biaya

Kelebihan pertama ialah di aspek pembiayaan. Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat mengeluarkan biaya dengan tepat sasaran dan terukur, sehingga budget marketing yang dibutuhkan relatif lebih terjangkau. Biaya yang cukup besar memang perlu Anda keluarkan di awal proses branding. Tapi, setelah brand dan basis pengikutnya (followers atau list building) sudah terbangun, biaya marketingnya jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan promosi konvensional.

2. Tidak Memerlukan Banyak SDM

Saat melakukan promosi secara konvensional, tentu saja diperlukan banyak SDM penjualan untuk menjangkau target market yang tersebar di berbagai wilayah. Pengeluaran perusahaan untuk memberikan gaji pun akan semakin besar. Dengan adanya strategi digital marketing, kebutuhan SDM penjualan dapat dipangkas. Anda sudah bisa menjual produk dari penawaran media sosial maupun website dan iklan berbayar tanpa perlu menjajahkannya dari rumah ke rumah.

3. Tidak Perlu Tim Pemasaran Terjun ke Lapangan

Seperti disebutkan sebelumnya, dengan adanya digital marketing, tim pemasaran perusahaan tidaklah perlu terjun ke lapangan lagi. Atau paling tidak, tidak perlu ke lapangan untuk menawarkan prospek ke cold audiance. Penawaran dan penjualan sudah bisa dilakukan dengan online melalui media sosial, search engine, website, aplikasi, dan berbagai macam situs online lainnya. Selanjutnya jika ada yang tertarik dan dibutuhkan untuk bertemu, barulah tim sales turun ke lapangan. Di beberapa industry bahkan sales & closing bisa dilakukan juga melalui website.

4. Lebih Mudah Dalam Proses Branding

Proses branding yang mudah dan cepat, tentu saja bisa Anda lakukan dengan menerapkan strategi digital marketing. Selain itu, jangkauannya pun akan lebih luas daripada pemasaran konvensional yang sangat berbatas. Dengan seringnya calon customer Anda menggunakan smartphone, Anda bisa memperkenalkan brand Anda sesering mungkin via media sosial, website dan iklan. Tentu hal ini akan meningkatkan awareness dan reach terhadap brand Anda.

Satu postingan konten dan iklan bisa mendatangkan banyak konsumen dengan mudah. Bahkan tak hanya konsumen dalam negeri, tapi juga konsumen luar negeri.

5. Potensi Pertumbuhan yang Naik Drastis

Pertumbuhan bisnis atau growth, tentu saja menjadi salah satu tujuan utama dari setiap perusahaan. Dengan menerapkan digital marketing, Anda bisa mendapat potensi pertumbuhan bisnis yang naik dengan drastis. Potensi kenaikan ini lebih besar di aspek penjualan produk.

Nah, itulah ragam kelebihan digital marketing strategy yang bisa Anda dapat. Semoga bermanfaat! 🙂