Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand maupun produk melalui media digital secara online. Tujuannya, yaitu untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara tepat. Sebagaimana yang telah Anda ketahui, bahwa penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas. Sehingga, tak heran jika kegiatan pemasaran secara digital ini menjadi salah satu pilihan utama bagi perusahaan-perusahaan.
Karena tidak memerlukan modal yang cukup besar, digital marketing juga dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk menjangkau target pasar secara lebih luas dan meningkatkan profit. Lalu, bagaimana cara menerapkan digital marketing untuk UMKM? Yuk ketahui penjelasannya di bawah ini.
1. Membuat Akun Google My Business
Google My Business merupakan sebuah fitur gratis yang digunakan untuk menampilkan nama dan lokasi bisnis Anda di internet. Dengan adanya Google My Business ini memudahkan para konsumen untuk menemukan alamat toko di halaman pencarian Google dan di Google Maps dan memberikan penilaian seputar produk maupun layanan yang Anda berikan selama berbelanja. Informasi yang ada pada akun Google My Business ini juga menyakinkan pembeli bahwa toko Anda bukanlah toko fiktif.
2. Membangun Website
Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan guna menerapkan digital marketing adalah membangun website untuk mengembangkan bisnis. Bagi Anda yang tidak ingin repot, Anda dapat mencari jasa pembuatan website. Tentunya, harga yang ditawarkan beragam, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.
Jadi Anda tidak perlu bangun tengah malam untuk melayani order, karena website mempunyai server 24 jam sehingga pembeli bisa bertransaksi kapan saja. Anda cukup perlu mengecek riwayat pesanan dan pengiriman produk di hari berikutnya. Walaupun tidak mempunyai toko offline yang besar, penggunaan website ini bisa menjadikan bisnis Anda terlihat lebih profesional dan kredibel.
3. Kerja Sama Dengan Key Opinion Leader
Jika barang yang Anda jual sifatnya spesifik dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan kerjasama dengan Key Opinion Leader (KOL). Dimana, di dunia nyata mereka merupakan expert di sebuah bidang atau profesi, sehingga opininya sudah pasti akan didengar dan bisa dipercaya. Tidak jarang calon customer membeli berdasarkan rekomendasi atau review dari KOL ini.
4. Beriklan Secara Online
Beriklan dapat dilakukan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok atau Youtube. Tapi selain itu dapat juga dilakukan di mesin pencari seperti Google dengan Google Ads-nya. Jika di media sosial iklan bersifat menghampiri calon customer dengan menawarkan barang atau jasanya, sedangkan di mesin pencari iklan akan ditampilkan ke calon customer yang mencari dengan mengetik kata kunci tertentu.
Yang mana yang lebih baik tentu relatif, tergantung kebutuhan dan industri dari barang dan jasa yang dijual. Bahkan lebih baik jika bisa dikombinasikan antara iklan di media sosial dan di mesin pencari.
Rekomendasi Digital Marketing Course yang Wajib Dicoba
Setelah Anda mengetahui cara-cara di atas, perlu untuk mempelajari skill terkait pemasaran secara digital ini. Banyak sumber-sumber informasi yang bisa diakses baik artikel di website maupun video di Youtube. Tapi untuk mempelajari secara lengkap dan tersetruktur Anda juga bisa mengikuti digital marketing course.
Terdapat beberapa rekomendasi yang wajib Anda coba, diantaranya:
Google Digital Garage
Google Digital Garage merupakan sebuah course online gratis yang diluncurkan oleh Google untuk mengakomodir kebutuhan pengguna yang ingin meningkatkan pengetahuan digital tanpa berlangganan. Jika Anda ingin mengasah kemampuan di bidang digital marketing, maka terdapat 26 modul yang dapat Anda ikuti di kelas Fundamental of Digital Marketing yang telah terakreditasi oleh The Open University dan Interactive Advertising Bureau Europe.
Google Analytics Academy
Supaya dapat menjadi digital marketer yang andal, Anda wajib memperdalam pengetahuan dan keterampilan Anda menggunakan Google Analytics. Pasalnya, Google Analytics merupakan tools yang penting untuk menarik data-data yang Anda perlukan dalam strategi marketing dan pengembangan bisnis. Nah, Anda bisa mengasah kemampuan menggunakan tools Google Analytics dengan cara mengikuti Google Analytics Academy.
Selain sebagai pilihan kursus yang gratis, Google Analytics Academy memiliki kelebihan dengan menawarkan tipe kursus berdasarkan level kemampuan mulai dari pemula sampai pengguna aktif. Serta juga menawarkan pula video dan transkrip teks dari video yang bisa memudahkan Anda dalam belajar.
HubSpot Academy
Sesuai dengan namanya, HubSpot Academy Free Inbound Marketing Certification ini digunakan untuk memperdalam kemampuan Anda dalam hal inbound marketing. Dimana, inbound marketing sendiri merupakan suatu teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik pelanggan ke produk dan layanan melalui pemasaran konten, pemasaran media sosial, branding kohesif, dan SEO.
Course ini berisi mengenai 11 modul yang di dalamnya berupa format video dan teks dengan durasi pembelajaran selama 4,5 jam. Setelah menyelesaikan course online tersebut, Anda akan diberikan sertifikasi dari HubSpot. Tak hanya kelas inbound marketing saja, Anda juga bisa menemukan kelas digital marketing yang berbeda di HubSpot Academy.
Selain, mengikuti course yang direkomendasikan Anda juga perlu membangun personal branding. Pengertian personal branding adalah strategi yang digunakan untuk membentuk citra diri sendiri sehingga masyarakat atau orang lain bisa menilainya dari prestasi dan pencapaian yang dimiliki. Dapat dibilang ini merupakan sebuah kesempatan bagi Anda untuk menampilkan keunikan serta ciri khas diri Anda.
Farco Siswiyanto Raharjo dalam buku The Master Book of Personal Branding menyatakan bahwa arti dari personal branding yaitu cara seseorang mengambil kendali terhadap penilaian orang lain atas diri individu tersebut. Jadi, pada dasarnya siapapun membutuhkan branding baik itu pengusaha, influencer, penulis, peneliti, programmer, atau bahkan mahasiswa sekalipun.
Ide Bisnis Online
Jika sudah mengetahui caranya, lalu yang perlu dilakukan untuk meningkatkan profit atau mendapat uang dari digital marketing adalah memilulainya Berikut ini beberapa ide bisnis online untuk pemula yang menguntungkan jika dilakukan oleh yang baru memulai sekalipun :
- Menjadi Blogger, dengan estimasi penghasilan blogger yaitu Rp. 150.000 sampai jutaan rupiah tiap bulannya.
- Menjadi Youtuber, dengan estimasi gaji youtuber berkisar Rp. 245.000 untuk 1000 views.
- Menjadi Podcaster, dengan estimasi pendapatan dari podcaster mulai dari 18 dolar atau setara Rp. 256.000 tiap 1000 views.
Tak hanya ide bisnis bagi pemula saja, ada pula ide bisnis online rumahan yang bisa Anda coba bermodalkan 1 juta hingga 100 juta terdiri dari:
- Membuka usaha konveksi fashion
- Membuka usaha pengepul hasil tani
- Membuat dan menjual frozen food
Selain itu, terdapat juga peluang bisnis online yang menjanjikan di tahun 2022 dengan mencakup:
- Menjadi influencer
- Bisnis catering
- Menjual makanan dan minuman kekinian
Ragam Digital Marketing Bootcamp Terbaik
Jika sebelumnya kita membahas pelatihan atau course, bootcamp adalah pelatihan yang intensif dengan materi yang komprehensif. Biasanya dilakukan selama rentang waktu tertentu dan wajib diikuti oleh pseertanya hinggal selesai. Digital marketing bootcamp terbaik sangatlah banyak. Penasaran? Yuk kenali beberapa diantaranya berikut ini.
Rakamin Academy
Rakamin Academy adalah sebuah platform digital pembelajaran untuk IT. Dimana, Rakamin Academy menjadi jembatan penghubung dengan expert daru top tech company. Anda bisa belajar skill sesuai dengan standar industri, belajar melalui praktik dan studi kasus sampai dibantu penyaluran kerja.
Purwadhika School
Purwadhika dikenal sebagai Computer Design School yang menyediakan pendidikan setara dengan pendidikan S2 di bidang Software Design, Hardware Design, Network & Communication Design dan Client/ Server Application Design. Dimana, berbagai program ditawarkan di sini, dengan salah satunya yaitu job connector digital marketing.
Shift Academy
Shift Academy adalah salah satu produk dari People Shift yang mempunyai visi untuk menjadi platform edukasi untuk siapa saja yang ingin meningkatkan skill digital dan menjadi digital marketer yang unggul. Shift Academy juga menyediakan kelas digital marketing yang terjangkau dan mudah dipahami.
Dari semua penyelenggara bootcamp tersebut salah satu materi yang selalu disertakan adalah penggunaan media sosial sebagai alat untuk berinteraksi dengan customer maupun calon customer, karena media sosial memiliki banyak manfaat untuk bisnis dan penggunaannya terintegrasi dengan digital marketing strategy secara luas.